JAKARTA, KOMPAS.com - PT Piaggio Indonesia (PI) memilih ajang Pekan Raya Jakarta di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Juni ini sebagai pertanda kelahiran kembali di Indonesia. Tidak kepalang tanggung, Agen tunggal pemegang merek (ATPM) resmi Piaggio ini bakal memboyong lima model, yakni Zip 100cc, Liberty 100 karburator, Liberty 150 injeksi, Vespa LX125 karburator dan LX 150 injeksi.
Meski sebelumnya produk sudah dipasarkan oleh PT Sentra Kreasi Niaga secara CBU (completely built up) dari Italia, kelima model tersebut punya perbedaan karena diimpor dari Vietnam dan harga lebih kompetitif. Untuk model LX 150 injeksi, jika sebelumnya dibandrol Rp52 juta per unit on the road (OTR) Jakarta (CBU dari Italia), yang dari Vietnam off the road di Jakarta Rp22,1 juta (kalau plus pajak Rp25 jutaan per unit OTR Jakarta). Sedang Zip dibandrol Rp 11,2 juta, Liberty 150 injeksi Rp 19,9 juta, Vespa LX 125 karburator Rp 20,3 juta, semuanya dalam kondisi off the road.
Sony Budiwasono, Manajer Pemasaran Piaggio Indonesia mengatakan, beban bea masuk (impor duty) menjadi alasan utama harga produk yang dipasarkan dari Vietnam jauh lebih kompetitif dari Italia. Kalau dari Italia, BM yang harus ditanggung mencapai 40 persen, sedang dari Vietnam nol persen karena kerjasama ASEAN Free Trade Area (AFTA).
Sampai sekarang, lanjut Sony, perusahaan masih dalam tahap pembangunan jaringan penjualan. Sampai akhir tahun target dibuka 30 showroom dengan fasilitas layanan 3S di kota-kota besar seluruh Indonesia. "Pembukaan dealer dilakukan bertahap. Rencananya di PRJ kita akan tampilkan semua model dan pemesanan sudah bisa dilakukan," jelas Sony kepada wartawan di Sampoerna Strategic Square, Jakarta Selatan, hari ini (26/5/2011).
Dua Bulan
Konsumen yang tertarik dengan produk Piaggio bisa melakukan transaksi langsung di PRJ. Beberapa perusahaan pembiayaan sudah digandeng PI untuk menyokong penjualan.
"Mudah-mudahan untuk pemesanan yang dilakukan di PRJ, unit bisa diantar ke konsumen dalam dua bulan selanjutnya, sekitar September 2011," jelas Sony. Saat ditanya target penjualan, "Sampai kini kami masih menghitung," tutup Sony.


0 comments On Piaggio Indonesia [+] Poskan Komentar