Vespa 150 TAP adalah skuter Vespa Italia yang dimodifikasi untuk mengangkut M20, sebuah recoilless rifle kaliber 75 mm, yang digunakan pada 1950-an oleh Pasukan Para Perancis (Troupes aéroportées, atau TAP). Diproduksi oleh Ateliers de Construction de Motocycles et Automobiles (ACMA), perakit Vespa ber-lisensi di Perancis, pada tahun 1956 dan 1959.

Skuter tersebut dipasangi senjata M20, sebuah meriam ringan anti lapis baja buatan AS, sangat ringan jika dibandingkan dengan meriam 75mm standar tetapi masih mampu menembus baja dengan ketebalan 100 mm dengan hulu ledak HEAT(High Explosive Anti tank)-nya. Daya tolak balik (recoil)-nya dinetralkan dengan membuang gas propelan roket keluar bagian belakang senjata yang mana hal ini menghilangkan kebutuhan untuk sistem recoil mekanis atau mounting senjata yang berat, sehingga memungkinkan senjata untuk ditembakkan dari frame Vespa.

Skuter akan diterjunkan dengan parasut secara berpasangan, disertai oleh tim dua orang. Senjata diangkut pada satu skuter, sedangkan amunisi itu dimuat pada skuter lainnya. Karena tidak adanya perangkat pembidik, recoilless rifle ini tidak dirancang untuk ditembakkan dari skuter, senjata tersebut dipasang pada tripod, yang juga dilakukan oleh skuter, sebelum ditembakkan.

Sekitar 800 skuter ini pernah dikerahkan dalam Perang di Aljazair (1954 - 1962).


0 comments On Vespa TAP 150 Vespa yang siap tempur. [+] Poskan Komentar